7 Titik Cakra Dalam Tubuh Manusia

7 Titik Cakra Dalam Tubuh Manusia – Cakra, pada dasarnya merupakan organ tubuh manusia yang tak kasatmata. Dari cakra itulah, manusia dapat memancarkan sinar atau auranya.

Cakra disini berfungsi sebagai pintu gerbang masuknya energi alam semesta ke dalam tubuh manusia dan menjadi pusat daya penghubung, pusat pengendali dan mendistribusikan energi dari satu bagian ke bagian tubuh lainnya.

Selain itu, secara alami cakra berfungsi untuk menarik energi positif dan mengeluarkan energi negatif dari dalam tubuh dan juga menjaga keseimbangan sistem pengendalian energi didalam tubuh.

Baca Juga :

Cara Membuka Cakra Agar Cepat Terbuka, Bahkan Cukup 5 Menit Saja!

Cara Membuka Cakra dengan Melakukan Meditasi

7 Titik Cakra Dalam Tubuh Manusia

Secara umum, ada tujuh cakra utama dalam tubuh manusia. Dan tujuh pusat energi ini mengaitkan manusia dengan ranah maghnetik dalam tubuhnya yang bersifat universal, yang selalu berkaitan dengan tubuh fisik manusia.

Cakra Dasar

Cakra ini terletak diantara anus dan organ kelamin dengan warna energi merah. Cakra ini bertanggung jawab untuk kesehatan tulang dan juga otot tubuh fisik dan memberikan energi pada semangat hidup seseorang.

Warna merah ini mempengaruhi vitalitas kekuatan, seksualitas dan kesadaran. Oleh karena itu, cakra dasar ini berfungsi sebagai akar penunjang kehidupan, mempengaruhi semangat hidup seseorang, dan kemampuan seseorang untuk melakukan penyembuhan secara alami.

Ketika cakra dasar ini bermasalah, maka seseorang mengalami penyebab sakit tulang, nyeri, depresi, stress, bahkan lebih parah lagi akan bunuh diri.

Cakra Seks

Cakra seks ini berada didaerah pangkal kelamin dengan warna energi jingga yang bertanggung jawab untuk kesehatan organ reproduksi dan memberikan kemampuan seseorang untuk berinteraksi dengan sesama.

Warna jingga ini berfungsi untuk mengatur sirkulasi energi dan juga metabolisme dalam tubuh. Warna jingga ini berhubungan erat dengan kebahagiaan, keceriaan, kehormatan, persahabatan dan juga kepribadian.

Jika Anda memiliki masalah pada cakra seks ini, maka Anda akan mengalami kemandulan, infeksi saluran kemih, impotensi, gangguan prostat dan hal lain yang berkaitan dengan reproduksi.

Cakra Perut

Cakra ini terletak pada rongga kecil dibawah tulang dada dan diatas diafragma. Diafragma ini memisahkan organ sensitif seperti jantung, paru-paru dan organ pencernaan.

Cakra ini berwarna energi kuning, bertanggung jawab untuk kesehatan organ reproduksi dan memberikan ambisi, emosi seseorang baik yang sifatnya positif maupun negatif.

Cakra ini juga berpengaruh pada intelektualitas dan juga daya untuk mengambil keputusan. Cakra ini juga bertugas sebagai pengendali dan penyeimbang energi pada hati, pencernaan dan juga pankreas. Cakra ini dipahami sebagai jalur keluar masuknya energi dari bawah perut keastas, dan sebaliknya. Jika Cakra ini tidak berfungsi, maka tubuh seseorang akan menjadli lemah.

Cakra Hati Atau Anahata

Cakra ini berada pada dada dan warna energinya adalah hijau, bertanggung jawab terhadap semua organ yang berada pada rongga dada dan memberikan energi pada perasaan seseorang. Hijau merupakan warna penyembuh karena berperan untuk menyeimbangkan dan juga menstabilkan energi tubuh.

Cakra ini merupakan sumber atau pusat emosi yang lebih halus dibandingkan dengan emosi yang ditimbulkan oleh cakra manipura atau cakra perut, seperti kasih sayang, kedamaian, keramahan, kepekaan cinta, panca indera, keyakinan dan simpati.

Cakra ini mengendalikan keseimbangan energi pada jantung dan paru-paru. Para ahli mengatakan bahwa cakra ini merupakan sumber energi yang paling penting didalam tubuh.

Cakra Tenggorokan

Cakra ini berada didalam rongga leher dan terkait dengan telinga dan hidung. Warna energinya adalah biru, dan bertanggung jawab memberikan energi pada kemampuan seseorang dalam berinteraksi dan juga berkomunikasi, melukis dan juga menulis.

Warna yang dipancarkan cakra ini dipancarkan yang sifatnya menenangkan dan sangat baik untuk mengatasi insomnia, nyeri pinggan bawah, asma, migrain dan bagus untuk orang yang sedang dilanda patah hati.

Cakra Ajna

Cakra ajna berada diantara dua alis dan berada ditengah-tengah kepala atau ditengah dahi. Cakra ini menjadi sumber kekuatan mata batin, kontrol pikiran, inspirasi, daya pikir dan kreativitas.

Cakra ini berwarna energi indigo dan nila, bertanggung jawab kepada seluruh organ didalam rongga kepala termasuk pancaindera. Cakra ini memberikan energi pada intuisi atau perasaan, bahkan untuk hal-hal yang sifatnya abstrak, misalnya berpikir ceoat dan mempengaruhi kebijakan seseorang.

Bahkan cakra ajna ini bisa menjadi pengendali kemampuan seseorang untuk melihat sesuatu yang sifatnya non fisik, misalnya kejadian masa lalu dan masa depan.

Jika cakra ajna ini tidak bekerja dengan baik, maka cakra ini dianggap sebagai penyebab hilangnya kebijaksanaan dan juga keseimbangan seseorang.

Cakra ajna ini merupakan tempat imajinasi, angan-angan, intuisi dan pikiran yang positif. Mereka yang memiliki cakra ajna yang sangat kuat, harus berhati-hati dalam berpikir, karena apapun yang dipikirkan bisa menjadi kenyataan.

Cakra Mahkota

Cakra ini berada pada dua inci diatas ubun-ubun dengan warna energi violet, bertanggung jawab kepada semua organ dikepala, khususnya otak.

Cakra ini memberikan energi pada sikap seseorang, karena berhubungan dengan energi ilahiyah. Warna violet ini bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri dan mengembangkan sifat-sifat yang berhubungan dengan ilahiyah.

Sumber energinya terletak pada puncak kepala dan berperan sebagai radar yang bisa menangkap gelombang pikiran yang bertebaran diatas kepala.

Sumber energi maghnetik ini berkomunikasi dengan sumber lainnya sehingga seseorang bisa mendengar, mencium dan melihat gelombang yang tak kasat mata dan peristiwa nonfisik lainnya.

Ketika cakra mahkota seseorang bermasalah, maka seseoorang akan kesulitan ketika energi atau panas yang berada dalam tubuh tidak bisa memancar keluar.

Cakra ini bertugas menjaga keseimbangan energi pada sistem syaraf otak serta keseimbangan otak kiri dan kanan.

Ketujuh cakra tersebut menjadi pusat pusaran energi dan kantong energi yang memiliki daya dan kekuatannya masing-masing untuk mendistribusikan energi ke seluruh tubuh.

Jika cakra Anda sehat dan berputar sempurna, maka aliran energi positif yang masuk ke dalam tubuh dan energi negatif yang keluar dari tubuh akan semakin lancar.

7 Titik Cakra Dalam Tubuh Manusia
Kembali ke Atas